XMsD68HnejBXABBaSiR3nl4DhiBV28OkDfbqDe4F

Viral Foto Panitia PKKMB UNY Melanggar Protokol, Ini Klarifikasinya

 

Foto Panitia PKKMB tengah berkerumun di depan Student Center yang di unggah oleh akun @jogmfs

Media sosial Twitter dikejutkan dengan viralnya unggahan foto Trainer Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Universitas Negeri Yogyakarta 2021. Dalam unggahan tersebut, Trainer PKKMB UNY 2021 tampak tak menjaga jarak dan juga mengambaikan protokol kesehatan, di saat pemerintah belum mencabut status PPKM. 


Salah satu akun Twitter yang mengunggah foto tersebut ialah media milik Base Jogja (@jogmfs). Hingga tulisan ini terbit, unggahan tersebut telah disukai sebanyak 762 akun dan mendapatkan 373 balasan.



“jog gemes banget dehh lope lope,” sindir akun tersebut, kala diunggah Kamis (26/8). Terlihat beberapa netizen pun menjadi geram dan berkomentar miring atas unggahan tersebut.


“Berbanding terbalik ya Aliansi Mahasiswa UNY lagi ngadain Vaksin massal di GOR, panitia Ospek e malah koyo ngene angeeelll angeeelll”. Tulis akun @uzyan****


“kalo ada satu di antara mereka yang bilang diperpanjang teros PPKM, aku udah bosen banget di rumah trs aku mau keluar, malu sih. Malu sm diri sendiri lebih tepatnya”. balas akun @rigi*****


Demikianlah Philosofis mencoba mengklarifikasi masalah ini dengan Ketua Pelaksana PKKMB UNY 2021, Ryan Maulia Muhammad. Kala ditemui hari Minggu (29/8), Ryan membenarkan bahwa wajah-wajah dalam foto tersebut, memang merupakan bagian dari panitia PKKMB UNY.


Ia pun menjelaskan, awalnya niat Trainer PKKMB UNY 2021 hanya ingin mengabadikan momen di depan Student Center. Namun, euforia acara tersebut menyebabkan mereka justru abai terhadap protokol kesehatan.


Bahkan setelah meledaknya unggahan tersebut, ia mewakili panitia PKKMB langsung meminta maaf dengan perwakilan Organisasi Mahasiwa tingkat Universitas.


Kami langsung menghubungi teman-teman UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), pengurus Student Center, dan juga forum komunikasi Student Center. Tujuannya untuk menjelaskan kronologis dan juga meminta maaf kepada berbagai perwakilan dari teman-teman UKM,” ujar Ryan.


Sebelumnya, beberapa UKM tingkat universitas sempat menyayangkan kejadian tersebut. Mengingat unggahan tersebut juga menampilkan Student Center yang merupakan kawasan tempat bercokol beberapa organisasi intra kampus.


Permintaan maaf ini dibenarkan oleh Ketua UKM Sicma, Inamul Hasan. Ia menjelaskan bahwa ada pertemuan antara panitia dan organisasi yang bertempat di Student Center. Forum ini akhirnya berujung dengan permintaan maaf atas viralnya foto panitia PKKMB UNY 2021 di depan Student Center.


Menurut Inamul masalah ini dibicarakan secara baik-baik dan dianggap sudah selesai. “Sudah disepakati bahwa masalah tersebut sudah diselesaikan secara kekeluargaan,” ujarnya. Kedepannya ia juga berharap agar hal-hal yang serupa tidak terjadi lagi dikemudian hari.


Senada dengan ucapan Hasan, Ryan selaku Ketua Pelaksana PKKMB UNY 2021 juga berharap agar ini menjadi pembelajaran dan evaluasi  bersama. Ia pun akan berusaha lebih berhati-hati dan menaati protokol kesehatan.


Sebagai penutup, Ryan mewakili panitia PKKMB UNY 2021 meminta maaf atas kesalahan yang telah diperbuat di Student Center dan tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.



Shibghah Maaruf

Reporter: Shibghah Maaruf, Jagad Tegar, dan Yoga Hanindiya

Editor:  Arina Maqshurotin F

 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar